Hakikat Pembelajaran IPA di SD
A. Pembelajaran IPA di SD
Pembelajaran
merupakan persiapan di masa depan, dalam hal ini masa depan kehidupan anak yang
ditentukan orang tua. Oleh karenanya, sekolah mempersiapkan mereka untuk hidup
dalam masyarakat yang akan datang. Pembelajaran merupakan suatu
proses penyampaian pengetahuan, yang dilaksanakan dengan menuangkan pengetahuan
kepada siswa (Oemar Hamalik, 2008: 25).
Bila
pembelajaran dipandang sebagai suatu proses, maka pembelajaran merupakan
rangkaian upaya atau kegiatan guru dalam rangka membuat siswa belajar. Proses
tersebut dimulai dari merencanakan progam pengajaran tahunan, semester dan
penyusunan persiapan mengajar (lesson plan) berikut persiapan perangkat
kelengkapannya antara lain berupa alat peraga dan alat-alat evaluasinya (Hisyam
Zaini, 2004: 4).
Berdasarkan
beberapa pendapat diatas maka disimpulkan pembelajaran adalah suatu proses dan
rangkaian upaya atau kegiatan guru dalam rangka membuat siswa belajar,
pembelajaran juga merupakan persiapan di masa depan dan sekolah mempersiapkan
mereka untuk hidup dalam masyarakat yang akan datang.
Ilmu
Pengetahuan Alam merupakan mata pelajaran di SD yang dimaksudkan agar siswa
mempunyai pengetahuan, gagasan dan konsep yang terorganisasi tentang alam
sekitar, yang diperoleh dari pengalaman melalui serangkaian proses ilmiah
antara lain penyelidikan, penyusunan dan penyajian gagasan-gagasan.
IPA adalah
pengetahuan khusus yaitu dengan melakukan observasi, eksperimentasi,
penyimpulan, penyusunan teori dan demikian seterusnya kait mengkait antara cara
yang satu dengan cara yang lain (Abdullah, 1998: 18).
IPA
berhubungan dengan cara mencari tahu tentang alam secara sistematis, sehingga
IPA bukan hanya penguasaan kumpulan sistematis dan IPA bukan hanya penguasaan
kumpulan pengetahuan yang berupa fakta-fakta, konsep-konsep atau
prinsip-prinsip saja, tetapi juga merupakan suatu proses penemuan (Sri
Sulistyorini, 2007: 39).
Menurut
Iskandar IPA adalah ilmu yang mempelajari peristiwa-peristiwa yang terjadi alam
(Iskandar, 2001: 2).
Ilmu
Pengetahuan Alam merupakan mata pelajaran di SD yang dimaksudkan agar siswa
mempunyai pengetahuan, gagasan dan konsep yang terorganisasi tentang alam
sekitar, yang diperoleh dari pengalaman melalui serangkaian proses ilmiah
antara lain penyelidikan, penyusunan dan penyajian gagasan-gagasan. Pada
prinsipnya, mempelajari IPA sebagai cara mencari tahu dan cara mengerjakan atau
melakukan dan membantu siswa untuk memahami alam sekitar secara lebih mendalam
(Depdiknas dalam Suyitno, 2002: 7).
Dari
beberapa pendapat di atas maka dapat disimpulkan pembelajaran IPA adalah ilmu
yang mempelajari peristiwa-peristiwa yang terjadi di alam dengan melakukan
observasi, eksperimentasi, penyimpulan, penyusunan teori agar siswa mempunyai
pengetahuan, gagasan dan konsep yang terorganisasi tentang alam sekitar, yang
diperoleh dari pengalaman melalui serangkaian proses ilmiah antara lain
penyelidikan, penyusunan dan penyajian gagasan-gagasan.
B. Tujuan Pembelajaran IPA di SD
Pembelajaran
IPA di SD/MI bertujuan agar siswa:
1) Mengembangkan rasa ingin tahu dan suatu sikap positif
terhadap sains, teknologi dan masyarakat.
2)
Mengembangkan keterampilan proses untuk menyelidiki
alam sekitar, memecahkan masalah dan membuat keputusan.
3)
Mengembangkan pengetahuan dan pemahaman konsep-konsep
sains yang akan bermanfaat dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.
4)
Mengembangkan kesadaran tentang peran dan pentingnya
sains dalam kehidupan sehari-hari.
5)
Mengalihkan pengetahuan, keterampilan dan pemahaman ke
bidang pengajaran lain.
6)
Ikut serta dalam memelihara, menjaga dan melestarikan
lingkungan alam. Menghargai berbagai macam bentuk ciptaan Tuhan di alam semesta
ini untuk dipelajari (Sri Sulistiyorini, 2007: 40)
Sumber :
Abdullah. 1998. Pendidikan Sains Yang Humanistis. Surabaya:
Kanisius.
Hisyam Zaini.
2004. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta : Institut Agama Islam
Negeri Yogyakarta.
Iskandar. 2001: 2). Pendidikan Ilmu Pengetahuan alam. IKIP
Malang
Oemar Hamalik. 2008. Motivasi Belajar. Bandung: Rajawali Pers.
Suyitno. 2002. Ilmu
Alamiah Dasar. UNY
Sulistyorini Sri. 2007. Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam.
UMS.
https://www.longlifeducation.com/2012/10/hakekat-pembelajaran-ipa-di-sd.html
Komentar
Posting Komentar